Home Kesehatan 4 Kebiasaan Buruk Ini sebabkan Pori-pori Wajahmu Tersumbat

4 Kebiasaan Buruk Ini sebabkan Pori-pori Wajahmu Tersumbat

93
0
SHARE
4 Kebiasaan Buruk Ini sebabkan Pori-pori Wajahmu Tersumbat

Ilustrasi kotoran bekas make up

Rohultoday.CO - Semua kaum hawa ingin tampil cantik setiap saat. Namun, berbagai masalah kulit selalu menghantui. Berbagai penyebabnya juga beragam, mulai dari asupan yang tidak sehat, hingga kebiasaan buruk yang selalu dilakukan.

Namun, kebiasaan buruk walaupun terlihat sepele, tapi akibatnya berdampak sangat fatal bagi wajah. Salah satu masalah wajah yang sering muncul adalah jerawat.

Penampilan akan terganggu saat jerawat muncul di bagian wajah. Namun sebelum bisa mengatasinya, maka setidaknya bisa mencegah.

Untuk mengetahui kebiasaan buruk apa saja yang bisa menyumbat pori-pori hingga akhirnya menyebabkan masalah wajah seperti jerawat. Berikut 6 kebiasaan sepele yang bisa membuat pori-pori tersumbat.

1. Malas membersihkan wajah dari sisa make up

Kebiasaan ini memang kerap kali melanda kaum hawa. Banyak alasan sebenarnya kenapa bisa malas untuk membersihkan make up. Misalnya saja karena pulang malam, sedangkan make up masih tertempel di wajah.

Namun, jika ingin wajah tetap sehat dan tidak memunculkan berbagai masalah kulit, maka kebiasaan ini haruslah dihilangkan. Membiarkan make up di wajah apalagi dibawa tidur akan menyumbat pori-pori wajah.

Apalagi make up yang mengandung bahan kimia, akan berbahaya bagi kulitmu. Bekas make up yang menempel diwajah, kemudian menyumbat pori, otomatis membuat wajah tidak bisa bernapas dengan baik.

Maka kedepannya, jika kebiasaan ini masih sering kamu lakukan, berhentilah dan segera hapus make up mu sebelum tidur, ya.

2. Kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit

Tentu tidak semua kosmetik cocok untuk jenis kulit. Kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis dan kondisi kulit akan memunculkan berbagai masalah kulit yang diawali dengan tersumbatnya pori-pori wajah.

Selain itu, kemungkinan yang lebih serius lagi adalah timbulnya alergi di wajah. Jika masalah ini datang, maka akan berpengaruh besar dengan penampilan dan kesehatan kulitmu. Solusinya, jangan sembarangan dalam memilih make up.

3. Sering menyentuh wajah

Hal sepele ini memang sangat sering dilakukan. Biasanya tujuannya tidak lain untuk memastikan dan mengecek kondisi wajah.

Sering menyentuh akan tidak baik untuk kondisi kulit wajah. Tangan yang sejatinya paling banyak melakukan aktivitas dan menyentuh sesuatu, akan memindahkan kotoran ke wajah. Hal ini akan terjadi saat melakukan sentuhan ke area wajah.

4. Menempelkan layar handphone ke wajah

Kebiasaan yang satu ini tanpa disadari memang kerap kali dilakukan. Biasanya hal ini dilakukan saat menerima telepon.

Layar handphone yang selalu kamu sentuh menggunakan jari tangan akan membawa kuman dan berpindah ke layar smartphone. Secara otomatis, kotoran ini bisa berpindah saat kamu menempelkan layarnya ke wajah.

Maka hal baik yang sebaiknya dilakukan adalah menggunakan earphone, sehingga wajah tidak bersentuhan dengan layar smartphone.

Demikian 4 kebiasaan sepele yang bisa menyebabkan penyumbatan pada pori-pori wajah. Mari berhenti dari kebiasaan buruk ini untuk mendapatkan kulit yang sehat.