Home Bisnis Online Bapenda Terapkan Pelayanan PBB P2 Online

Bapenda Terapkan Pelayanan PBB P2 Online

89
0
SHARE
Bapenda Terapkan Pelayanan PBB P2 Online

Ilustrasi pembayaran Pajak Bumi Bangunan secara Online

PASIR PENGARAIAN, Rohultoday.CO - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) sudah menerapkan pelayanan pajak secara online.

Pelaksanaan ini Bapenda Rohul bekerjasama dengan PT Bank Riau Kepri Cabang Pasir Pangaraian. Dimana pelayanan sistim pajak online yang diterapkan Bapenda, khususnya di sektor Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) Kabupaten Rohul.

Hal tersebut dibuktikan dengan sudah dilaksananya penandatanganan MoU antara Bapenda Rohul dengan PT Bank Riau Kepri Cabang Pasir Pangaraian, pada 20 Juli 2018 lalu.

Kepala Bapenda Rohul Bisman.B.SS.MM Senin (6/8/2018) sore mangakui, pelayanan PBB-P2 online di Rohul dilaksanakan melihat potensi PBB-P2 di Rohul yang menjanjikan. Pemkab Rohul akan bekerjasama dengan PT Bank Riau Kepri Cabang Pasir Pangaraian menerapkan pelayanan PBB secara online.

Dengan adanya pelayanan PBB online, Bisman berharap, selain meningkatkan pelayanan PBB P2 ke masyarakat, penerapan PBB online masyarakat tidak perlu jauh-jauh bayar PBB P2 ke kantor Bapenda atau UPTB, namun bisa langsung melalui PT Bank Riau Kepri Cabang Pasir Pangaraian.

Jelas Bisman, penerapan PBB P2 online dapat berikan kemudahan ke masyarakat untuk membayar PBB P2. Dimana pembayaran PBB P2 selama ini dengan manual, dan dapat dibayarkan melalui Bank Riau Kepri terdekat.

Masyarakat nantinya, tidak bersusah payah lagi harus datangi kantor Bapenda dan UPTB kecamatan. Manfaat dalam penerapan pembayaran PBB P2 secara online, dapat memudahkan dalam pelaporan PBB-P2 oleh Bapenda Rohul.

‘’Kita berharap, dengan penerapan pembayaran PBB-P2 online dapat mengetahui adanya kebocoran dalam pembayaran PBB dan data pembayaran real time. Itu salah satu manfaat dengan diterapkannya PBB-P2 secara online bekerjasama dengan PT Bank Riau Kepri,’’ kata Bisman.

Bisaman berharap ke seluruh Kades dan Lurah di Rohul, agar dapat membersihkan atau memperbaiki data PBB P2 didaerahnya. Dengan pro aktifnya desa dan kelurahan untuk mengali potensi yan ada, pihaknya yakin dan percayaa penerimaan PAD dari sektor PBB- P2 akan mencapai target.

Dengan penerapan pembayaran PBB-P2 secara online, salah satu memaksimalkan kinerja dan mengoptimalkan pengelolaan pajak daerah bekerjasama dengan perbankan.

Di tempat terpisah, pemimpin PT Bank Riau Kepri Cabang Pasir Pangaraian Yudi Asdam menyebutkan, penerapan pembayaran PBB-P2 secara online atas kerjasama yang baik antara Pemkab dengan PT Bank Riau Kepri Cabang Pasir Pangaraian.

Dengan dengan adanya penerapan secara online, dapat tingkatan pelayanan PBB P2, sehingga data penerimaan PAD dari sektor PBB-P2 dapat diupdate dan diketahui pada hari itu, baik dari Pemkab dan PT Bank Riau Cabang Pasir Pangaraian.

“Bila ada kendala atau masalah yang terjadi dalam pelaksanaan pelayanan dalam pembayaran PBB-P2 secara online dengan Bank Riau Kepri, agar komunikasikan dan diberitahukan, sehingga dapat diperbaiki. Tentunya kerjasama yang terjalin baik ini dimasa mendatang dapat ditingkatkan,’’ harapnya. (Ary)