Home Peristiwa Kapolda Bagikan Pompa Air ke Polsek dan Koramil di Rohul

Antisipasi Karlahut Menjelang Asian Games

Kapolda Bagikan Pompa Air ke Polsek dan Koramil di Rohul

113
0
SHARE
Kapolda Bagikan Pompa Air ke Polsek dan Koramil di Rohul

Peletakan Batu Pertama pembangunan Mako Polres Rokan Hulu

PASIR PENGARAIAN, Rohultoday.CO – Menjelang perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Kapolda bagikan Pompa Air ke Polsek dan Koramil di Rokan Hulu (Rohul).

Hal ini ditujukan untuk mengantisipasi terjadi kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Mesin pompa air tersebut diberikan Kapolda Riau ke Polsek jajaran Polres Rohul, Koramil Rokan IV Koto, Koramil Kunto‎ Darussalam, dan Satgas Karlahut Satria Krisna Kecamatan Bonai Darussalam saat hadiri peletakan batu pertama pembangunan Mako Polres Rohul di Jalan Lingkar KM 4 Pasir Pangaraian, Desa Sukamaju, Kecamatan Rambah, Jumat (3/8/2018).

Ditegaskan ‎Kapolda Riau, bahwa pompa air itu akan digunakan Polsek jajaran Polres Rohul, Koramil dan Satgas Karlahut saat terjadi Karlahut di wilayahnya, terutama menjelang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.‎

Upaya antisipasi Karlahut saat Asian Games, Irjen Pol Nandang meminta masyarakat Riau agar tidak gunakan cara lama saat membuka lahan. Ditgaskannya, Polri akan menindak tegas pelaku pembakar lahan atau hutan.

Karena jelas Kapolda, cara lama yang biasa digunakan oknum masyarakat saat membuka lahan, yakni dengan cara membakar merupakan langkah salah, karena bukan hanya merusak flora dan pauna saja, tetapi juga mengganggu kesehatan masyarakat.‎

"Cara-cara lama itu ditinggalkan, karena itu akan merugikan semua pihak. Pertama, rusaknya flora pauna kita, yang kedua akan mengganggu kesehatan generasi yang akan datang," jelas Irjen Pol Nandang‎

Kapolda Riau juga mengaku, dirinya telah mengintruksikan seluruh jajaran Polres dan Polsek agar optimalkan sosialisasikan tentang bahaya dari Karlahut, serta memberikan penerangan dan penyuluhan ke masyarakat.‎

Bupati Rohul H Sukiman, memberikan apresisasi kepada Kapolda Riau yang sudah memberikan intruksi tegas agar tidak lakukan Karlahut di Rohul menjelang Asian Games.

Dirinya juga intruksikan kepada Camat, Kades, Lurah dan perangkat desa, untuk menyampaikan ke masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan karena berdampak kabut asap dan kerusakan lingkungan.

“Bagi masyarakat ataupun perusahaan yang melakukan pembakaran hutan atau lahan, nantinya akan berurusan dengan pihak berwajib. Kemudian sanksinya juga jelas, dan jangan coba-coba melanggarnya,” pesan Bupati bagi perusahaan dan masyarakat di Rohul. (Ais)