Home Religius Meriah, Warga Tumpah Ruah Ikut Semarakan MTQ ke-I Desa Sialang Jaya

Meriah, Warga Tumpah Ruah Ikut Semarakan MTQ ke-I Desa Sialang Jaya

295
0
SHARE
Meriah, Warga Tumpah Ruah Ikut Semarakan MTQ ke-I Desa Sialang Jaya

Pembukaan MTQ I Desa Sialang Jaya

PENGARAIAN, Rohultoday.CO - Sejak berdirinya Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah tahun 2001, untuk pertama kalinya digelar pelaksanaan Musyabakah Tilawatil Quran (MTQ) di desa tersebut.

Diperkirakan 500 lebih anak anak, remaja, pelajar dan kaum ibu serta bapak juga seluruh perangkat desa se-Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, Senin (9/4/2018) atau bertepatan 1434 Hijriyah sore, tumpah ruah ikut meramaikan pelaksanaan pawai ta?aruf sekaligus pembukaan pelaksanaan MTQ ke-I tingkat Desa Sialang Jaya.

Ratusan masyarakat bersama seluruh perangkat desa, mulai pegawai di kantor desa, perangkat desa, pengurus BUMDesa, BPD, RW, RT, pemuda serta Karang Taruna Desa, juga belajar dari perwakilan 7 RW, membawa bermacam pernak-pernik, berbusana beragam, sambil membawa hasil pertanian, hasil perikanan, serta konvoi panjang start dari depan SDN 006 Rambah dan berjalan kaki finish di Masjid Taqwa.

Rombongan kafilah MTQ dari perwakilan 7 RW, secara resmi dilepas oleh Camat Rambah, M.Pranovandi.S,STP.M.Si didampingi Kepala Desa (Kades) Sialang Jaya, Yuherman Daulay, Kapolsek Rambah AKP Hermawan, KUA Rambah, Khalifah Basyir, serta seluruh perangkat desa.

Camat Rambah, M.Pranovandi berterima kasih, karena MTQ baru sekalai ini dilaksanakan di Desa Sialang Jaya ini. Melalui MTQ meningkatan Ukuwah Islami dan menyemarakan minat baca Al Quran, serta menjalin silaturrahmi antar masyarakat Sialang Jaya.

?Sehingga, kita perlu mengamalkan isi dan kandungan Al Quran, dan jangan cuma zaman medorennisasi saja yang kita sadari, MTQ yang digelar tersebut juga bukan perlombaan saja, namun untuk membudayakan isi makan Al Quran,? kata Camat Rambah.

Kades Sialang Jaya, Yuherman Daulay mengatakan, pelaksanaan MTQ ke-I yang dilaksanakan ini membuka sejarah baru di Desa Sialang Jaya.Nantinya, akan dijadikan agenda dan digelar secara berkesinambungan setiap tahunnya.

Yuherman Daulay juga mengaku, di Sialang Jaya terdiri dari 308 Kepala Keluarga (KK), 7 Rukun Warga (RW) dan 12 Rukun Tetangga (RT).

?Setiap tahunnya, pelaksanaan MTQ akan kita gelar, untuk menyiarkan minat baca Al Quran, terutama bagi anak-anak, remaja dan dewasa, sehingga diharapkan desa kita akan selalu diberikan berkah dari Allah SWT,? jelas Kades Yuherman,

Laporan Ketua panitia kegiatan, Amrul Daulay, di MTQ yang dilaksanakan yakni untuk Cabang Tilawah anak dan remaja, Tartil anak dan remaja, Pidato anak dan remaja serta Lomba rebana dua Desa Sialang jaya dengan Rambah Tengah Barat.

Dipenghujung pawai ta?aruf sekaligus pembukaan MTQ le I, ini di tutup dengan doa dipandu oleh KUA Rambah, kemudian digelar pembaguan dorfresh ke peserta. Kegiatan dijadwalkan mulai Senin (9/4/2018) hingga Kamis (12/4/2018) malam. Sekaligus pembagian hadiah bagi pemenang, serta menyambut Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. (Mds)